Senin, 06 Juli 2009

Perfect

Betapa sempurnanya…..
Iya, itulah ekspresi yang sangat layak disandangkan kepada Islam. Islam sebagai agama dan ideologi telah diturunkan secara sempurna dan komprehensif, kamilan wa syamilan. Baginda RasuliLlah pun telah menyempurnakan tugasnya untuk mengemban risalah yang mulia ini. Kader-kader binaan beliau yang direpresentatifkan oleh sahabat-sahabatnya dan kemudian dilanjutkan oleh generasi setelahnya dan setelahnya, menunjukkan bahwa kesempurnaan agama ini tidak sebatas pada tataran teori/konseptual, pun diwujudkan pada tataran praktis amaliyah yang begitu membekas pada akhlaq, interaksi sosial, kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
Sekarang, masihkah kita meragukan kesempurnaan agama ini ? masihkah kita menganggap bahwa agama ini hanya sebatas pada wilayah ritual semata ? sebatas ketika ibadah shalat, shaum, zakat, dan haji telah tertunaikan? yang hanya ditempatkan di masjid, pengajian-pengajian, seremonial pernikahan, kelahiran dan kematian ? atau hanya berlaku ketika di bulan ramadhan saja ?
Sungguh, aturan multikompleks telah termaktub di dalam Al Qur’an dan As Sunnah. Betapa banyak seperangkat hukum yang dimanifestasikan sebagai Syariah Islam yang belum direalisasikan pada semua lini kehidupan. Individu, keluarga, masyarakat dan negara, aspek politik, ekonomi, pendidikan, kesehatan, sosial, budaya, dan hubungan internasional sangat membutuhkan sentuhan dan pengaturan berbasis syariah.
Saatnya kesempurnaan Islam disempurnakan penerapannya sehingga rahmah akan terwujud bagi semua.............
Ashadi Umaryadi

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda