Senin, 06 Juli 2009

Catatan ringan

Beberapa hari yang lalu saya berdiskusi dengan sejumlah rekan. Mereka sangat penasaran dan (sekali lagi) ingin mengetahui pandangan saya atas pemilu. Topik nya sangat menarik, bagaimanapun juga dalam beberapa pekan terakhir, masyarakat senantiasa dijejali dengan iklan politik baik dari partai peserta pemilu maupun dari lembaga terkait yang bertugas untuk mensosialisasikannya.
Sebagai statement pembuka, saya sampaikan, sebenarnya perubahan apa yang kita inginkan, apakah perubahan yang sifatnya temporer pragmatis yang hanya menambal sulam kebobrokan yang terjadi atau.... perubahan yang sifatnya fundamental ideologis ? ..........
Memang benar, masyarakat seharusnya mendapatkan pendidikan politik yang memadai sehingga realitas yang ada di hadapan mereka dapat dinilai secara jernih, jujur dan solutif. Tidak hanya sekadar ikut-ikutan atas opini dan janji yang ditawarkan dan juga tidak terjebak dengan pilihan yang ada.
Saya sampaikan, kita harus melihat konsep yang ditawarkan, kita harus visoner dalam melihat perubahan ke depan. Apakah kita percaya begitu saja dengan jargon jargon perubahan yang dijanjikan ? Apakah selama ini konsep yang dihadirkan ke publik telah memuaskan hati dan pikiran ? Apakah perubahan yang dimaksud hanya sekadar perubahan pemimpin ?
Fakta telah sangat jelas, betapa kondisi kita sangat terpuruk di semua lini kehidupan. Dalam konteks pemilu saja, betapa banyak dana yang telah dihamburkan tanpa hasil yang positif. Sedangkan harapan masih saja digantungkan kepada sistem kapitalisme yang telah terbukti tidak solutif. Mengapa kita masih saja menutup mata atas gagalnya sistem kapitalisme. Apakah sistem kapitalisme dan demokrasi adalah harga mati yang sudah tidak bisa ditawar lagi ?

Itulah sedikit cuplikan pemikiran yang ada di sebagian masyarakat. Kita semua sangat menginginkan perubahan, tetapi keinginan itu masih belum ideologis.

Selesai dibuat di Bandar Lampung pada 31 Maret 2009

Abu Umar Abdul Aziz

0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda